Penyebab Panu dan Cara Mengatasinya Dengan Bahan Alami


Cara Mengatasi Panu Dengan Bahan Alami

Pernahkan sobat mengalami panuan?bagaimana cara mengatasi panu?bagaimana cara mencegah panu?obat yang digunakan untuk mengatasi panu?. Banyak sekali pertanyaan yang muncul terkait panu. Sebenarnya panu bukanlah penyakit yang mematikan atau berbahaya. Hanya saja orang yang terkena panu akan merasa risih dan kurang percaya diri.

Panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak putih pada kulit dengan sensasi rasa gatal. Nama lain dari panu yaitu tinea versicolor atau pityriasis versicolor. Pada awal kemunculannya bercak ini bisa berwarna merah atau putih dan lama kelamaan akan memutih bahkan menghitam. Penyakit panu akan terasa gatal pada bagian kulit yang mengalami perubahan warna.

Penyebab Panu

Penyebab utama penyakit panu adalah jamur Malassezia sp. Panu lebih sering dijumpai pada remaja, karena faktor kurangnya menjaga kebersihan kulit serta banyaknya produksi keringat tubuh sehingga kulit menjadi lembab dan kotor. Area kulit yang biasa terkena panu antara lain ketiak, betis, lengan, leher punggung.

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan panu salah satunya dengan selalu menjaga kebersihan kulit. Namun ada juga bahan alami maupun bahan pabrikan yang mampu menghilangkan panu dengan cepat. Bahan alami yang sering digunakan untuk menghilangkan panu salah satunya lengkuas.

Cara Mengatasi Panu

Berikut cara menghilangkan panu secara efektif dan sangat aman untuk kulit. Baik itu untuk anak-anak, remaja maupun dewasa dengan bahan yang ramah lingkungan dan mudah didapat.

1. Kunyit

Kandungan volatile yang terdapat pada kunyit mampu sebagai antiinflamasi. Selain itu kunyit juga mengandung kurkumin yang sebagai antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas penyebab panu.

Cara penggunaan kunyit untuk menghilangkan panu cukup mudah, kunyit yang sudah dihaluskan ditempelkan pada bagian kulit yang terkena panu, diamkan selama 15 menit setelah itu bilas dengan air hangat.

2. Lengkuas

Lengkuas memiliki senyawa kuersetin, amilum dan flavonoid yang mampu mengatasi bakteri dan jamur kulit. Cara penggunaannyapun cukup mudah tinggal mengoleskan lengkuas yang sudah dibelah ada kulit yang terkena jamur.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan anti jamur dan anti inflamasi. Kedua kandungan ini sangat efektif untuk mencegah jamur kulit. Cara penggunaannyapun sangat mudah oleskan lidah buaya pada kulit yang terkena jamur tunggu hingga 5 menit dan bilas dengan air bersih. Penggunaan lidah buaya bisa anda lakukan 2-3 kali sehari.

4. Bawang Putih

Bawang putih memiliki senyawa yang mampu membunuh bakteri dan jamur dikulit. Caranya sangat mudah gunakan bawang putih yang sudah dibelah untuk menggosokkannya ke kulit yang terkena jamur selama beberapa menit.

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, kandungan asam sitrat pada jeruk nipis mampu menjadi anti bakteri dan anti jamur. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga mampu membasmi jamur pada kulit.

6. Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh dapat kamu gunakan untuk menghilangkan panu. Sifat anti jamur yang dimilikinya sangat bermanfaat untuk menghambat penyebaran infeksi.

Caranya sangat sederhana gunakan tetesan tea tree oil pada area panu. Kamu dapat mencampurkan tea tree oil dengan menambahkan minyak zaitun. Biarkan hingga mengering dan bilas dengan air hangat.

Baca Juga:

7. Yoghurt

Cara menghilangkan panu juga bisa dengan menggunakan yoghurt yang biasa kamu konsumsi. Yoghurt yang bisa digunakan adalah yoghurt polos dan tanpa rasa dan pemanis. Kandungan probiotik yang ada di dalam yoghurt dapat menghambat pertumbuhan jamur.

Cara menggunakannya: Oleskan yoghurt pada kulit yang terinfeksi jamur. Diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

8. Minyak Oregano

Minyak oregano berasal dari daun dan bunganya. Kandungan carvacrol yang dimilikinya dapat membasmi dan mengurangi infeksi bakteri, jamur, virus, parasit, dan alergi. Hal ini yang membuat minyak oregano bisa menjadi pilihanmu untuk membasmi panu.

Cara menggunakannya: Oleskan minyak oregano langsung pada kulit yang terkena infeksi. Kemudian diamkan hingga mengering dengan sendirinya.

9. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa kamu gunakan untuk menghilangkan panu. Minyak zaitun yang dicampurkan madu dapat menjadi komponen yang pas untuk membasmi bakteri dan jamur.

Cara menggunakannya: Campurkan minyak zaitun dan madu dan oleskan pada area panu. Lakukan hal ini 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Cuka Apel

Cuka apel dapat kamu gunakan untuk membantu menghilangkan panu. Di dalam cuka apel terdapat kandungan antimikroba yang bisa membantu meredakan infeksi jamur di kulit.

Cara menggunakannya: Oleskan cuka apel pada area yang terinfeksi jamur. Kamu dapat menggunakan cuka apel sebagai pengganti salep dan lakukan 3 kali sehari.

11. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh juga dapat menjadi pilihanmu untuk menghilangkan panu. Sifat anti jamur yang dimilikinya mampu membantu untuk membasmi panu yang mengganggu.

Cara menggunakannya: Potong belimbing wuluh dan usapkan bagian yang dipotong pada bagian yang terkena infeksi. Usap selama 5 menit dan biarkan mengering.

Anda bisa menggunakan salah satu cara diatas untuk membantu menghilangkan panu pada kulit anda. Penggunaan bahan alami juga sangat aman bagi kulit karena minim iritasi maupun alergi.