Tips Merawat Top Box Motor Agar Tetap Awet dan Menawan

Tips Merawat Top Box Motor Agar Tetap Awet dan Menawan

Simak tips merawat top box motor agar tetap awet dan menawan. Simak cara merawat box motor plastik dan aluminium agar tampil keren dan fungsional. Dapatkan informasi lengkap di sini!

Bagi para penggemar touring, top box motor atau box motor sudah menjadi aksesoris wajib yang umum digunakan untuk menyimpan tas dan perlengkapan lainnya. Dengan fungsi yang penting ini, tentu penting untuk merawat box motor agar tetap awet dan menawan.

Top box motor umumnya terbuat dari plastik atau aluminium, dan keduanya memerlukan perawatan yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat top box motor agar tetap dalam kondisi optimal.

Baca Juga: Ganti Oli Motor Matic Berapa Bulan Sekali? Apa Rekomendasi yang Tepat?

Merawat Box Motor Plastik

Box motor berbahan plastik memang lebih mudah untuk dirawat. Perhatikan bagian karet dan seal-nya agar tidak menyusut atau aus. Selain itu, biasakan mencuci bagian luarnya secara berkala agar tetap terlihat menarik.

Gunakan cairan pengkilap vinyl untuk membuat warnanya menghitam kembali dan tampil lebih cemerlang. Namun, perlu diingat bahwa pembersihan dan pemberian cairan vinyl sebaiknya dilakukan hanya pada bagian luar box. Bagian dalamnya cukup dilap dengan kain microfiber untuk menghindari kelembaban yang dapat menyebabkan timbulnya jamur.

Untuk menjaga kebersihan dan higienitas box motor, pastikan bungkusan makanan yang dimasukkan ke dalamnya tertutup dengan baik. Hindari makanan yang berpotensi bocor, karena bau dari makanan bisa sulit dihilangkan meskipun sudah diangin-anginkan.

Baca Juga: Harga Oli Motor Bebek Terbaru Juli 2024 yang Cocok untuk Kendaraan Anda

Perawatan Box Bahan Aluminium

Merawat box motor berbahan aluminium memerlukan perhatian khusus. Perawatan pada bagian luar box aluminium natural jauh berbeda dengan box plastik. Pastikan untuk membersihkan bagian luar box aluminium secara rutin agar tetap terjaga kecerahannya.

Selain membersihkan bagian luar, pastikan juga untuk merawat bagian dalam box aluminium. Gunakan kain microfiber untuk membersihkan bagian dalamnya agar tetap terjaga kebersihannya. Hindari penggunaan cairan pengkilap vinyl pada bagian dalam box aluminium untuk menghindari timbulnya jamur akibat kelembaban.

Untuk menghindari kebocoran, pastikan untuk menggunakan plastik ganda saat membawa makanan di dalam box aluminium. Hal ini akan membantu mencegah makanan bocor dan mengakibatkan bau yang sulit dihilangkan.

Dengan merawat top box motor secara rutin, Anda dapat memastikan bahwa box motor tetap dalam kondisi optimal dan tampil menarik. Dengan perawatan yang tepat, box motor Anda akan selalu siap digunakan saat melakukan touring.