6 Cara Mengatasi Pinggang Celana Jeans Kebesaran Tanpa Mesin Jahit

Cara Mengatasi Pinggang Celana Jeans Kebesaran Tanpa Mesin Jahit

Saat ini barang apapun dapat diperoleh di online shop, termasuk celana jeans. Terlebih di masa pandemi seperti ini, penjualan melalui online shop meningkat drastis. Salah satu kendala yang muncul saat membeli celana jeans secara online adalah masalah ukuran. Celana jeans yang berbeda merk tentu saja memiliki standar ukuran yang berbeda, juga proporsi antara pinggang dan pinggulnya juga berbeda.

Yang harus dilakukan saat membeli celana jeans secara online adalah pilih ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran biasanya. Dengan begitu ketika celana memiliki cutting kecil, Anda masih tetap bisa memakainya, sedangkan jika ternyata kebesaran dapat dikecilkan dengan mudah.

Ketika celana jeans Anda kebesaran, Anda tidak harus membawanya ke tukang jahit untuk dikecilkan. Misalnya saja bagian pinggang celana jeans yang Anda beli terlalu besar, maka dibutuhkan cara mengatasi pinggang celana kebesaran sehingga ukurannya menjadi pas sesuai yang Anda butuhkan.

Cara Mengatasi Pinggang Celana Jeans Kebesaran

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengecilkan celana jeans, bahkan tanpa tanpa perlu menjahitnya. Simak caranya di bawah ini.

1. Gunakan Legging Sebagai Dalaman

Jika celana jeans tidak terlalu longgar, namun Anda menginginkan celana tampak pas di badan, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan leggig sebagai dalaman. Pastikan legging yang Anda gunakan lentur dan nyaman, agar tidak mengganggu aktivitas yang Anda lakukan.

2. Rendam Celana Jeans dalam Panci Berisi Rebusan Air Panas Mendidih

Cara kedua untuk mengecilkan celana jeans yang sedikit kebesaran adalah dengan cara merendam celana jeans dalam air mendidih. Untuk melakukannya, pilih panci yang akan merendam celana secara keseluruhan. Isi dengan air kemudian didihkan. Setelah air mendidih, masukkan celana jeans, dan rebus dengan api kecil selama kurang lebih 30 menit. Setelah selesai angkat celana jeans dan keringkan dengan mesin pengering selama 5 – 10 menit.

3. Cuci Celana Jeans dengan Air Panas

Cara ketiga ini bisa langsung Anda lanjutkan dari cara kedua ataupun Anda lakkan secara terpisah. Jika Anda melanjutkan setelah merebus, Anda bisa langsung memindahkan celana jeans beserta air ke dalam mesin cuci dan menambahkan detergen serta pelembut pakaian ke dalamnya. Jika Anda melakukannnya tanpa merebus terlebug dahulu, pastikan air yang Anda gunakan benar-benar panas agar celana jeans dapat mengerut dengan sempurna. Setelah dicuci keringkan dengan mesin pengering.

4. Setrika Celana Jeans Lembab Hingga Mengering

Setelah dicuci keringkan celana jeans dengan mesin pengering hingga lembab saja, atau angin-anginkan hingga lembab. Setelah itu, dalam keadaan lembab setrika celana jeans dengan pengaturan panas maksimal. Lakukan hingga celana jeans benar-benar kering. Agar tidak merusak warna jangan lupa membalik celana jeans hingga bagian yang anda setrika adalah bagian dalam.

5. Semprotkan Pelembut dengan Air Panas

Metode ini sangat berguna jika Anda hanya ingin mengecilkan bagian-bagian tertentu saja, misal bagian paha, pinggul atau pinggang saja. Caranya juga cukup mudah yatu, campurkan air panas dan pelembut pakaian dengan perbandingan 3:1 pada botol spray. kemudian kocok hingga air dan pelembut tercampur sempurna. Harap hati-hati saat melakukkannya agar tidak melukai tangan. Setelah tercampur semprotkan pada area jeans yang ingin dikecilkan hingga benar benar basah. Kemudian setrika hingga kering.

6. Rendam Celana Jeans dalam Larutan Garam & Cuka Putih

Lautan garam dan cuka putih juga dapat digunakan untuk mengecilkan celna jeans. Caranya juga cukup mudah, buat larutan garam dan cuka putih dalam ember dalam air dingin, kemudian rendam celana jeans yang akan dikecilkan. Celup dan peras celana jeans secara berkala beberapa kali dengan menggunakan tangan. Kemudian cuci seperti biasa.

Itulah beberapa cara mengecilkan celana jeans tanpa menjahitnya, selamat mencoba dan semoga berhasil.