Kenali Tanda Tangan Kesemutan yang Terjadi Akibat Gangguan Saraf Tepi

Kenali Tanda Tangan Kesemutan yang Terjadi Akibat Gangguan Saraf Tepi

Hampir semua orang pasti pernah mengalami tangan kesemutan. Karena sangat umum dirasakan, maka kesemutan di tangan cenderung dianggap sepele. Wajar apabila kita menindih tangan saat berbaring terlalu lama, kemudian tangan menjadi kesemutan.

Kesemutan juga bisa terjadi jika tubuh kita kekurangan elektrolit. Namun hal tersebut menjadi tidak wajar, ketika Anda mengalami kesemutan di tangan yang terlalu sering.

Jika Anda kesemutan terlalu sering, bahkan kesemutan tanpa adanya penyebab, bisa jadi itu adalah gejala neuropati atau gangguan syaraf tepi. Untuk menjadikan lebih waspada, inilah sedikit ulasan mengenai neuropati termasuk gejalanya.

Sekilas Tentang Neuropati

Neuropati disebut juga gangguan syaraf tepi adalah suatu kondisi ketika tubuh merasakan sensasi tertentu tanpa adanya rangsangan dari luar tubuh. Hal ini dapat terjadi ketika ujung saraf tepi di bagian kulit mendapat sinyal dari otak dan mengirimnya kembali ke otak sebagai gangguan.

Saraf tepi sendiri berada tersebut tersebar di seluruh tubuh, termasuk otot, kulit, dan organ dalam tubuh. Ujung saraf yang merupakan reseptor rangsangan akan menerima sinyal rangsangan dan diteruskan ke medula spinalis di tulang belakang serta otak. Yang kemudian oleh otak diterjemahkan menjadi rasa nyeri, kram, atau ditusuk-tusuk.

Neuropati sendiri secara umum dibagi menjadi dua tipe, yaitu:

1. Mononeuropati

Mononeuropati merupakan neuropati yang terjadi akibat gangguan pada satu saraf tepi. Salah satu gejala yang banyak diderita adalah sindrom terowongan karpal (Carpal Tunnel Syndrome), pada syndrome ini saraf medianus mengalami penekanan atau kompresi. Hal ini mengakibatkan seluruh pergelangan dan telapak tangan akan mengalami kesemutan.

2. Polineuropati

Sedangkan polineuropati adalah gangguan yang terjadi pada lebih dari satu saraf tepi. Sneuropati ini biasanya merupakan komplikasi dari penyakit berat seperti diabetes melitus, gangguan ginjal, alkohol, dan kekurangan nutrisi. Pada polineuropati kesemutan dirasakan di banyak anggota tubuh, bahkan ada yang mengalami di semua anggota tubuh diikuti rasa kebas.

Tanda Kesemutan Mengarah pada Penyakit Tertentu

Banyak orang bertanya-tanya kenapa tangan sering kesemutan. Agar menjadi lebih waspada, sebaiknya Anda mengenali tanda atau gejala kesemutan yang mengarah pada penyakit tertentu, antara lain:

  • Kesemutan terjadi semakin sering dan semakin berat, hingga terasa kebas.
  • Bersifat progresif atau merambat, sebagai contoh, pada awalnya kesemutan hanya dirasakan pada telapak tangan, kemudian menjalar ke seluruh lengan, bahkan hingga ke bagian tubuh yang lain.
  • Kesemutan disertai dengan melemahnya anggota tubuh sehingga tangan menjadi sulit untuk digerakkan.
  • Kesemutan disertai dengan rasa nyeri atau sensasi terbakar.

Jika Anda merasa sering mengalami gejala tangan kesemutan seperti di atas, ada baiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter agar segera dapat menemukan solusi dan pengobatan yang tepat.