Cara Mengatasi Motor Injeksi Mogok dan Penyebabnya


Cara Mengatasi Motor Injeksi Mogok

Cara Mengatasi Motor Injeksi Mogok dan Penyebabnya. Mengapa motor bisa mogok dan bagaimana solusi mudah mengatasinya? Kali ini nyonyor.com akan berbagi tips otomotif seputar cara mudah menghidupkan motor injeksi Mio dan Beat yang mogok. Lalu bagaimana cara memperbaiki motor injeksi mati dan apa saja penyebab motor injeksi susah dihidupkan. Beberapa pengguna motor matik Honda, Yamaha dan Suzuki juga mencari informasi kenapa motor beat injeksi susah hidup, motor mio J injeksi tidak bisa distarter, motor matic honda injeksi sulit menyala saat pagi hari.

Pada kesempatan sebelumnya NYONYOR.COM telah memposting artikel menarik yang wajib sobat baca mengenai Cara Mengatasi Knalpot Bocor Motor Mobil dan Harga Mobil Bekas Murah Dibawah 50 Juta Terbaru.

Mempunyai motor matic memang menyenangkan apalagi baru dibeli dari dealer. Ketika menaiki kendaran motor baru memang tidak terjadi masalah yang terjadi. Tapi lambat laun setelah dua sampai lima tahun kondisi kendaran akan melemah pada bagian mesin. Tak hanya motor lama bahkan motor baru sering juga mengalami hal tersebut.

Inilah beberapa tips menghidupkan motor injeksi tanpa aki dan cara memperbaiki motor injeksi yang kehabisan bensin yang sering dialami beberapa orang khususnya perempuan yang kurang paham mengenai motor matic. Disamping itu penyebab motor mogok ini juga sering dialami para orang tua yang gaptek teknologi karena yang mereka pahami hanya bisa menaikinya saja.

Kelebihan Motor Injeksi

  1. Lebih hemat dan efisien, karena volume bahan bakar dikalkulasi secara akurat oleh ECU. Sehingga akan menghasilkan campuran yang selalu ideal.
  2. Lebih ramah lingkungan, karena memiliki campuran yang ideal pembakaran pun berlangsung lebih sempurna. Sehingga tidak menghasilkan gas beracun yang berlebih.
  3. Tidak memerlukan sistem cok, sistem cok berguna ketika suhu intake masih dingin. Sehingga bensin yang diperlukan juga semakin banyak. Pada sistem EFI cok tidak lagi diperlukan karena sudah diatur oleh ECU.
  4. Perawatan lebih simple, motor EFI tidak lagi memiliki pengaturan ISAS dan IMAS sehingga kita tidak perlu repot melakukan penyetelan untuk seting idle RPM.

Baca Juga:

injeksi. Motor injeksi merupakan jenis mesin motor yang menggunakan teknologi injeksi pada proses pembakarannya sehingga tenaga yang dihasilkan akan lebih meningkat dibandingkan dengan sepeda motor bermesin karburator. Injeksi sendiri adalah istilah terkait dengan pencampuran bahan bakar dengan udara untuk menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna.

CARA MENGATASI MOTOR INJEKSI MOGOK / MATI TOTAL

Dibawah ini adalah beberapa tips yang mungkin perlu sobat ketahui jika motor matic injeksi mogok ternyata bukan karena masalah yang serius. Jadi kami sarankan sobat untuk tetap tenang dan lakukan tipsnya dibawah ini.

1. Motor Mogok Karena Kehabisan Bensin

Hal ini sering terjadi oleh banyak orang karena tergesa-gesa atau ingin segera melakukan tugas pas ketika menyalakan motor tidak bisa menyala. Ternyata setelah melakukan pengecekan BBM nya habis. Tidak bisa dipungkiri ternyata hal sepele ini sering terjadi oleh banyak pengguna motor matik mulai dari orang tua, wanita dan mungkin sobat nyonyor sendiri.

Sebelum menyalakan motor matik dengan sistem EFI (Electric Fuel Injection) perlu membaca tipsnya dibawah ini.
Langkah awal pastikan sobat telah mengisi bensin ke dalam tanki motor
Lalu putar kunci kontak ke posisi on, dan tahan sekitar 4 detik
Kemudian putar kembalu kembali ke posisi off
Lakukan cara ini tiga hingga lima kali

2. Aki Tekor

Nah, masalah selanjutnya yang sering dialami motor matik mogok karena akinya tekor alias soak. Pada motor konvensional, aki hanya dipakai saat proses starter. Namun pada motor injeksi, aki tidak hanya bertugas pada sistem starter tapi aki juga berperan untuk menstabilkan arus kelistrikan motor. Apabila hal tersebut terjadi pada kendaraan sobat maka silahkan dibawah ke bengkel dengan mengakali dengan melakukan Jumper. Apabila hal tersebut tidak berimbah baik maka jalan terbaik adalah mengganti aki dengan yang baru.

3. Fuel Pump Mati

Tidak bisa dipungkiri para pengguna motor injeksi belum tahu yang namanya Fuel Pump, fuel pump atau pompa bensin hanya akan kita temui pada mesin yang berteknologi Efi. Fungsinya untuk menyuplai bahan bakar dari tanki ke saluran bensin dengan tekanan tertentu.Apakah hal ini sering terjadi pada para pengguna motor matik injeksi? Hal ini memang sering terjadi oleh pengguna yang sering menggunakan motor dengan cara jarang kurang pemanasan setiap paginya. Untuk mengecek fuel pump, sobat cukup posisikan kunci kontak ke posisi ON. Apabila fuel pump beroperasi maka akan terdengar bunyi dengungan dari dalam tanki hingga beberapa detik. Namun apabila bunyi itu tidak muncul maka bisa dipastikan fuel pump rusak. Kondisi ini biasanya juga diikuti dengan indikator check engine yang menyala. Untuk mengatasi hal ini sobat perlu melakukan penggantian fuel pump.

4. Motor Mati Karena Busi
5. Sensor EFI Mati
6. Mogok Karena Air

Di musim penghujan kadang sobat lupa bahwa motor juga mempunyai kelemahan ketika terkena terjangan air. Oleh sebab itu perlu sobat menambah ilmu pengetahuan cara merawat motor matik agar awet.

Tips agar motor tidak gampang mogok

  1. Gunakan bensin beroktane tinggi, ini karena motor injeksi sangat sensitif terhadap bensin kualitas buruk.
  2. Selalu panaskan motor dipagi hari sebelum melaju, agar aki dapat terisi dengan penuh.
  3. Pastikan anda selalu service rutin, minimal 2 kali dalam setahun.
  4. Jangan mencuci motor sembarangan, agar air tidak masuk kedalam mesin

LIHAT JUGA: DAFTAR HARGA VELG MOTOR TERBARU BULAN INI

Dari sekian banyak tips dan cara merawat motor matik diatas apakah bisa membantu. Jika yang silahkan share saja di Facebook, WA, BBM, Line, Twitter dan media sosialnya. Terima kasih telah berkunjung ke laman NYONYOR untuk membaca penyebab motor injeksi mogok dan cara menghidupkan motor injeksi yang mati.