Cara Kerja dan Manfaat Memasang Solar Panel di Rumah

Cara Kerja dan Manfaat Memasang Solar Panel di Rumah

Solar panel menjadi salah satu pembangkit listrik yang bisa anda pilih untuk membangkitkan listrik yang hemat. Meskipun pada awalnya pemasangan membutuhkan biaya yang cenderung besar, namun manfaatnya bisa didapatkan di kemudian hari. Penasaran dengan manfaat serta cara kerja solar panel secara mendetail? Yuk cek ulasannya di sini!

Sekilas Mengenai Solar Panel

Sebagian orang memang sudah tak asing lagi dengan sel surya di dalam kehidupan sehari hari. Namun, tak jarang juga beberapa orang masih belum familier dengan istilah yang satu ini. Sel surya ini dikenal sebagai perangkat elektronik yang dapat menangkap sinar matahari dan mengubah energi tersebut menjadi listrik.

Jika dilihat dari ukurannya, sel surya ini memiliki bentuk sebuah unit. Jika digabungkan menjadi satu kesatuan yang lebih besar akan menjadi sebuah solar panel atau model surya. Solar panel ini didesain sedemikian rupa agar dapat menghasilkan listrik dalam memenuhi kebutuhan manusia, seperti pembangkit listrik, sumber energi alternatif, dan lain sebagainya.

Mekanisme Solar Panel Beserta Komponennya

Setelah mengetahui berbagai hal mengenai solar panel, tentu yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah cara kerja solar panel. Untuk mekanisme perangkat ini, maka bekerja dengan membiarkan foton atau partikel cahaya. Dari sinilah tenaga surya dikonversikan menjadi energi listrik yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari hari.

Jika ditinjau secara mendetail, ternyata dalam mekanisme kerjanya terdiri dari banyak unit yang lebih kecil (sel fotovoltaik). Ini berarti mengubah sinar matahari menjadi listrik dan bisa dimanfaatkan menjadi energi alternatif. Selain itu,  pada sel fotovoltaik terdiri dari dua irisan yaitu semikonduktor dengan silikon di dalamnya.

Dalam mekanismenya, sel fotovoltaik perlu adanya medan listrik atau lebih mirip dengan medan magnet. Ini bisa terjadi apabila muatan berlawanan dipisahkan dengan baik. Sehingga nantinya muatan positif dan negatif akan mengaliri listrik pada komponen lapisan semikonduktor yang disebutkan sebelumnya.

Secara khusus, nantinya komponen tersebut akan menyemai ke bagian lapisan silikon. Ini akan menambah elektron ekstra untuk menghasilkan listrik ke lapisan tersebut. Sedangkan untuk lapisan bawahnya, ada takaran boron yang menghasilkan elektron lebih sedikit karena mengandung muatan yang positif.

Selain itu, beberapa komponen sel lainnya dapat mengubah elektron yang satu ini menjadi sumber energi yang dapat diberdayakan. Pelat konduktor logam yang ada di bagian sel sel panel surya akan mengumpulkan elektron dan menyalurkan ke kabel. Dengan cara kerja solar panel yang panjang tersebut, maka tenaga surya bisa menjadi sumber listrik.

Secara keseluruhan, solar panel memiliki mekanisme yang cukup panjang untuk mengubah tenaga matahari seutuhnya menjadi listrik. Dengan begitu, anda bisa memanfaatkan panas matahari menjadi listrik dalam memenuhi kebutuhan sehari hari.

Manfaat Memasang Solar Panel

1. Menghemat Tagihan Listrik Secara Signifikan

Seperti yang diketahui tarif listrik konvensional semakin hari mengalami kenaikan. Dengan kondisi tersebut, tentunya berdampak pada kondisi kesejahteraan dan perekonomian yang semakin terpuruk pada masyarakat luas. Belum lagi dipusingkan dengan tagihan listrik yang setiap tahunnya merangkak naik tanpa diimbangi pemasukan yang sepadan.

Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan baik jika anda beralih menggunakan panel solar untuk kebutuhan rumah tangga. Tagihan listrik konvensional bisa diminimalisir sampai dengan 50% jika memilih sumber energi alternatif yang satu ini. Dengan begitu, anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan tagihan listrik yang membengkak.

2. Lebih Ramah lingkungan Dari Pembangkit Listrik Konvensional

Seperti namanya, panel surya ini memiliki sumber energi dari matahari yang merupakan tata surya terbesar di alam semesta. Dengan menggunakan panel surya sebagai sumber energi listrik, tentu anda sudah berperan dalam menjaga kelestarian di bumi. Pasalnya, anda tak perlu lagi sumber pembangkit listrik yang tidak bisa diperbaharui seperti gas dan minyak.

Dengan menggunakan sistem pembangkit listrik yang mengandalkan sinar matahari ini,  maka Anda anda mendukung keseimbangan yang ada di bumi. Energi surya menjadi salah satu sumber energi terus tersedia di alam dan tidak akan habis. Hal inilah yang membuat cara kerja solar panel bisa dikatakan cukup ramah lingkungan.

3. Mudah dan Praktis Diterapkan Di Indonesia yang Beriklim Tropis

Mengingat Indonesia merupakan negara tropis, maka sinar matahari yang dipancarkan terus ada sepanjang tahun. Karena alasan tersebut, maka membuat negara ini menjadi sangat tepat dalam penerapan energi surya sebagai sumber energi alternatif listrik. Oleh karena itu, sistem panel solar dapat diaplikasikan di setiap rumah tangga dan menjadi energi alternatif mandiri.

4. Sebagai Sumber Energi Alternatif

Bagi anda yang ingin memiliki hunian dengan konsep ramah lingkungan, maka pertimbangan memasang panel surya tampaknya menjadi pilihan terbaik. Hal ini karena matahari dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif ketika sumber energi konvensional tidak bisa digunakan. Dengan cara kerja solar panel yang efektif, tentu bisa memberikan keuntungan bagi penggunanya.

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari penerapan teknologi panel surya tersebut, tentu anda bisa saja semakin tertarik untuk memasang panel surya di hunian. Untuk mewujudkan rumah yang ramah lingkungan dan hemat energi dalam kelistrikan, ada baiknya memasang solar panel dengan teknologi dan kualitas terbaik dari SUN ENERGY. Klik disini untuk membaca informasi tentang solar panel : BLOG Solar Panel Indonesia.